Kuasa Gandung Joko Suseno Tangani 14 Kasus Nasabah Korban Koperasi Sentosa Ke Polda Metro Jaya Minta Penyidik Bisa Percepat Prosesnya

Kuasa Gandung Joko Suseno Tangani 14 Kasus Nasabah Korban Koperasi Sentosa Ke Polda Metro Jaya Minta Penyidik Bisa Percepat Prosesnya

Lorongnews.com | Jakarta –Kuasa Gandung Joko Suseno Tangani 14 Kasus Nasabah Korban Koperasi Sentosa Ke Polda Metro Jaya Minta Penyidik Bisa Percepat Prosesnya.

Berkaitan dengan dana puluhan miliar rupiah yang ditempatkan oleh para nasabah dan sejauh ini belum juga dikembalikan. Sejumlah nasabah Koperasi Jasa Berkah Wahana Sentosa (Koperasi Sentosa atau KS) pun  telah melaporkan para pengurus koperasi tersebut atas perbuatan tidak bertanggung jawab.

Para nasabah Koperasi Sentosa juga telah mengadukan permasalahan  kepada Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah di Kemenkop UKM, menyusul penyelesaian melalui jalur PKPU/Homologasi (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) yang telah berlarut-larut sejak tahun 2020

nasabah Koperasi Sentosa juga telah mengadukan permasalahan  kepada Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah di Kemenkop UKM.

 

Namun banyak juga anggota yang melaporkan secara sporadis ke pihak yang berwajib ke Polda-polda termasuk Polda Metro Jaya qq. Dirkrimsus dan Dirkrimum maupun Bareskrim Polri dengan LP pasal Penipuan, Penggelapan, Tindak Pidana Pencucian Uang/TPPU, TP Perbankan, karena diduga selama ini KS telah menghimpun dana sebesar Rp 500 Milyar dan tidak ada pertanggung jawaban kepada para pelapor

Gandung Joko Suseno salah satu Pengacara yang  mendapat kuasa dari 14 nasabah Koperasi Sentosa mengatakan melaporkan kasusnya  ke Polda Metro, terdaftar dengan nomor  LP / 957/IL/YAN 25/ 2021/SPKT PMJ, tertanggal 18 Februari 2021. ” Sudah hampir 2 tahun melaporkan   ke Polda Metro Jaya ditangani pondem  tak tak tanda perkembangan,” ungkapnya kepada media di seputaran Kuningan, Rabu (12 Oktober 2022).

“Adapun  yang kami  laporkan yaitu terkait pasal kejahatan tindak pidana  perbankan, penipuan, penggelapan dan pencucian uang. Itu yang kami laporkan terhadap Koperasi Sentosa. Yang kami laporkan, ketua koperasi, bendahara koperasi dan sekretaris koperasi. Kalu sejahumana perkembangannya masih dalam proses. Kemarin itu ada tambahan seksi saksi. Dan saksinya sudah diperiksa. Dan kemungkinan barang barang bukti akan kami serahkan dalam waktu dekat ini tinggal waktu dekat segera. Kami juga meminta pihak penyidik segera melakukan proses perkara ini, ” katanya.

Karena, lanjutnya, perkara ini sudah cukup lama tahun 2021 sampai sekarang. Dan kamu dapat informasi orang orang ini bukan hanya dilapor di Polda Metro Jaya, ada di Bareskrim, klo tak salah ada di daerah Semarang, ada di Medan. “Bukan hanya pidana, ada yang lakukan ke ppu, ada yang melakukan gugatan perdata. Dan untuk kami , saya nanti yang menangani perkara ini, itu nanti kami hanya melanjutkan  laporkan pidana ke Polda metro jaya. laporan itu sampai sekarang masih dalam penyelidikan oleh pihak penyidik.

Ketika Gandung Joko Suseno ditanya kenapa sampai lama belum ada kemajuan yang berarti kasus ini.

Iya berprasangka baik. “Ya mungkin penyidik yang bisa menjawabnya. Karena untuk kepentingan pemeriksan pemeriksaan, penyidikan penyidikan kita serahkan kepada pihak penyidik.Dalam hal ini penyidik Polda metro jaya. Mereka yang punya kewenangan kewengan. Yang intinya apa kekurangan yang mereka minta kami sudah kami penuhi, misalnya bukti transaksi. Dan mungkin kekurangan bukti bukti sudah kami siapkan.” terangnya.

Gandung Joko Suseno berharap penyidik harus cepat, karena barang bukti sudah mungkin barang bukti yang yang masih kurang mungkin segera serahkan, kami minta cepat.

“Sebenarnya saya pernah nanya kepada  saya ini ini niatnya apa?. Ya mereka itu semuanya enggak ada niat untuk memenjarakan, tapi lihat mereka kepingin uang mereka kembali. Karena disana itu bermacam macam ya, ada yang pensiunan, ada yang dosen, ada yang ibu rumah tangga, ada yang anak kuliahan. Jadi mereka ini awalnya berharap dengan istilahnya mereka masuk tergabung dalam koperasi ini mereka mendapat untung tiap bulan, ada setoran balik. Ya ada istilahnya ada keuntungan ada laba di sana.Nah ternyata kosong. Makanya mereka berharap kalau bisa uang kembali.kami tuh bisa bisa kembali. Karena kan uangnya bukan  1 atau  2 juta, ada klien saya itu  yang cukup besar, dia sendiri aja bisa 2 miliar. Ada teman teman yang lain sekitar 2 koma berapa miliar itu,’ jelas Gandung Joko Suseno.

Lebih jauh ia menyampaikan uangnya balik aja, ketika uang balik semuanya mereka, tidak yang rugi  mau cabut laporan.  Namun bahkan sampai sekarang terlapor ini enggak ada itikat baik. ‘Kami somasi sampai kami buat LP,  enggak ada yang datang untuk mau damai atau misalnya membicarakan masalah ini, malah tak digubris sama sekali,” ungkapnya.

“Ya udah berarti kami serahkan ke jalur hukum aja, penyidik dalam hal ini yang. melakukan penelusuran,” tandas Gandung Joko Suseno.

Untuk yang saya tangani, sambungnya, kalau khusus klien saya itu sekitar ada 14 orang. Ada sampai waktu kami laporkan sampai sekarang, itu ada salah satu klien kami itu sampai meninggal dunia. Karena berharap disitu uang ketika pensiun dihari tua berharap uang yang masuk tiap bulan, tapi kan tidak ada sama sekali. Akhirnya mungkin  sakit meningga, makanya kami sedih juga ini.

“Orang ini punya kewajiban yang harus dibayar, tapi cuek sampai orang yang harus dibayar ini menunggunya cukup lama, ya sampai meninggal ya. Kami juga kasihan juga sih mendengar berita itu”, pungkas Gandung Joko Suseno penuh haru.

(Igo)

Please follow and like us:

6 Komentar


  1. It’s truly a great and helpful piece of info. I am glad that you just shared this useful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.


  2. Of course, your article is good enough, baccarat online but I thought it would be much better to see professional photos and videos together. There are articles and photos on these topics on my homepage, so please visit and share your opinions.


  3. Great post, you have pointed out some superb details , I also believe this s a very fantastic website.


  4. I appreciate, cause I found just what I was looking for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye


  5. Of course, your article is good enough, casinosite but I thought it would be much better to see professional photos and videos together. There are articles and photos on these topics on my homepage, so please visit and share your opinions.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.